Pasien Varian Omicron di Indonesia Bertambah

Mitrapost.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mendeteksi temuan dua pasien terkonfirmasi Covid-19 varian Omicron. Sehingga total kasus hingga Jumat (17/12/2021) menjadi tiga orang.

“Dua pasien terkonfirmasi terbaru adalah IKWJ (42) laki-laki, perjalanan dari Amerika Selatan, serta M (50) laki-laki perjalanan dari Inggris. Saat ini keduanya sedang menjalani karantina di Wisma Atlet,” ungkap Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Siti Nadia Tarmizi.

Dua pasien ditemukan berdasarkan hasil pemeriksaan sampel dari lima kasus probable Omicron yang baru pulang dari luar negeri.

Pasien Omicron pertama terkonfirmasi pada Kamis (16/12/2021) berinisial N, ia merupakan seorang pekerja pembersih di Wisma Atlet Kemayoran.

Temuan ini merupakan hasil pemeriksaan khusus ‘S-gene target failure’ (SGTF) yang dilakukan oleh Badan Litbang Kesehatan pada 14 dan 15 Desember 2021.

Baca Juga :   Gundukan Hitam Diduga Kubah Lava Baru Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG

Kedua pasien terbaru Omicron wajib menjalani karantina selama 10 hari seusai kembali dari luar negeri.

Menurut Nadia, kondisi tersebut menunjukan bahwa sistem proteksi pemerintah berjalan dengan baik untuk mencegah penularan dari pendatang dari luar negeri yang terjangkit virus Covid-19.

Adanya temuan tersebut, pihak Kemenkes mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan tidak melakukan perjalanan ke luar negeri terlebih dahulu. Mengingat laju penyebaran Omicron sangat cepat.

“Indonesia adalah salah satu negara paling aman dari COVID-19. Jika kita keluar negeri, maka kita akan keluar dari zona aman menuju zona berbahaya. Jika kembali, nanti akan berpotensi membawa Omicron ke Indonesia dan pastinya akan merusak situasi yang sudah kondusif ini,” imbuh Nadia.

Baca Juga :   Muncul Supercovid di Inggris, Bagaimana di Indonesia?

Kasus Covid-19 di beberapa negara Eropa, Afrika dan Amerika tengah melonjak tajam mencapai rekor tertinggi seiring dengan menyebarnya varian Omicron yang memiliki daya tular lima kali lipat dari varian Delta. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati