Pemerintah Menghentikan Ekspor Bahan Mentah

Konawe, Mitrapost.com – Pemerintah berkomitmen hentikan ekspor bahan mentah produk tambang secara bertahap. Kali ini pemerintah akan menghentikan ekspor bahan mentah untuk bauksit usai sebelumnya mengakhiri ekspor nikel.

Menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi), langkah itu untuk melanjutkan kebijakan hilirisasi industri sektor pertambangan yang ada di Indonesia. Dengan hilirisasi industri, beragam nilai tambah dalam negeri bisa dirasakan oleh rakyat.

“Saya kira keuntungan kita menyetop ekspor bahan mentah nikel itu manfaatnya bisa lari ke mana-mana. Oleh sebab itu, nanti tahun depan akan kita lanjutkan untuk setop ekspor bahan mentah bauksit dan selanjutnya tembaga, selanjutnya emas, selanjutnya timah,” ujar Jokowi setelah meninjau pengolahan bijih nikel (nickel ore) di Pabrik Smelter, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin (27/12/2021).

Baca Juga :   Gedung DPR RI Padam, Infonya Ada yang Terjebak Lift

Selain itu, ada peluang pembukaan lapangan kerja direkrut oleh perusahaan.

“Belum income untuk negara, pajak. Belum terciptanya lapangan-lapangan usaha baru di kanan-kiri. Ini yang mengirim misalnya nickel ore ini dari perusahaan-perusahaan di dalam negeri,” imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati