Antisipasi Bencana Longsor, BPBD Pati Siagakan Tim 24 Jam

Pati, Mitrapost.com – Masuki puncak musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mulai fokus terhadap potensi bencana tanah longsor.

Kepala BPBD Pati, Martinus Budi Prasetyo mengatakan, setidaknya terdapat 4 kecamatan di Pati yang saat ini tengah jadi sorotan. Diantaranya Kecamatan Gembong, Tlogowungu, Gunungwungkal dan Cluwak.

“Potensi longsor itu di wilayah yang kontur tanahnya ada di wilayah kemiringan, di Pati ada di Gembong, Tlogowungu, Gunungwungkal, dan Cluwak,” kata Martinus saat ditemui kantornya hari ini, Senin (3/1/22).

“Kalau detail desanya tidak bisa rinci. Tapi misal di Gembong di daerah Bageng, Plukaran, Sitiluhur, Klakahkasian itu desa-desanya. Kalau di Tlogowungu ada di Gunungsari berbatasan kecamatan Gunungwungkal. Ada juga di Cluwak,” imbuhnya.

Baca Juga :   UPTD B2TPH Pusat Pembenihan dan Pelestarian Tanaman Khas Lokal Pati

Terkait mitigasi bencana longsor, Martinus mengaku, BPBD Pati telah memasang alat early warning system (EWS), guna mengantisipasi terjadinya tanah longsor. Alat tersebut dipasang di area pegunungan kecamatan Tlogowungu yang berbatasan dengan Kecamatan Gunungwungkal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati