Pembangunan Rel Layang Jalur Kereta Api Joglo Ditarget Rampung 2023

Selain itu, saat ini permasalahan efek pembangunan sudah terjawab semua, antara lain masalah banjir, drainase, jalan tikus, dan sertifikat hak milik (SHM).

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Tengah Putu Sumarjaya menerangkan, pembangunan rel layang diawali dengan bentangan baja mulai dari Gilingan dengan bentang paling panjang 134 meter, dengan struktur lengkungan baja desain ikonik Kota Surakarta.

Pada pembangunan fase pertama, menelan dana sebesar sekitar Rp980 miliar sepanjang 1,3 kilometer, dimulai dari Gilingan dan turun sebelum Stasiun Kadipiro. Jalur ganda yang dibangun merupakan paket Solo sampai Semarang dengan fase pertama, dari Solo Balapan sampai Kalioso sepanjang tujuh kilometer.

“Mulai 8 Januari kita ground breaking, sudah mulai kerja dengan tahap sosialisasi dengan target tahun 2023 selesai dibangun. Titik awal pembangunan dekat dengan Simpang Joglo persis, karena yang sudah kontrak dekat dengan Simpang Joglo akan dibangun pilar atau pondasinya dengan bore pile, bukan dengan paku bumi,” ucapnya.