Warga Meteseh Gunakan Kotoran Sapi untuk Tekan Biaya Kebutuhan Pokok

Rembang, Mitrapost.com – Siapa sangka kotoran sapi bisa tekan harga kebutuhan pokok, utamanya gas elpiji dengan pemanfaatan biogas.

Di Desa Meteseh, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, warganya telah memanfaatkan kompor biogas sejak 10 tahun yang lalu.

Program yang dijalankan oleh kelompok tani berhasil menekan angka biaya pengeluaran kebutuhan pokok bagi warga desa.

Biasanya dalam satu bulan warga harus membeli dua hingga tiga tabung gas elpiji ukuran 3 kg untuk memasak. Akan tetapi, dengan adanya kompor biogas warga tidak perlu membeli gas elpiji lagi.

“Sudah pakai sekitar 10 tahun. Kelebihannya, lebih irit tidak takut meledak dan tidak perlu beli,” ungkap Zulaikhah seorang warga pengguna kompor biogas saat diwawancarai Senin (10/1/2022).

Baca Juga :   Peletakan Batu Pertama Pembangunan Kota Lasem

Menurutnya, selain menghemat biaya kebutuhan pokok, kualitas api yang dihasilkan dari kompor biogas ini sama dengan kompor gas elpiji. Hanya saja lebih intens dibandingkan dengan kompor gas elpiji.

“Cuman memang harus sering perawatan. Minimal 1 minggu sekali. Soalnya kalau tidak dibersihkan ini (salurannya) nanti api yang keluar jadi kecil,” katanya.

Ide mengembangkan kompor biogas di Desa Meteseh sudah ada sejak tahun 2002. Hal tersebut diungkapkan oleh Sukamto selaku Ketua Kelompok Tani Ternak Subur (KTT Subur).

Awalnya konsep tersebut dicetuskan oleh Warnadi, seorang mantan Wakil Bupati Ungaran periode 2010-2015. Dulunya ia merupakan warga asli Desa Meteseh, kemudian mencetuskan ide tersebut dikarenakan banyak peternak sapi di desanya.

Baca Juga :   Realisasi Penyaluran Dana Desa di Rembang Sudah 100 Persen

Hingga saat ini, ada 10 Kepala Keluarga (KK) yang sudah menggunakan kompor biogas. Sementara untuk KK yang lain masih belum bisa menyalurkan pipa untuk kompor biogas karena terkendala biaya.

“Masih kami gratiskan, jadi kendalanya di anggaran. Mungkin nanti kalau sudah ada tarif yang kami tarik, itu bisa untuk menambah pipa saluran ke rumah-rumah warga yang lain,” pungkas Sukamto. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati