ASN Didorong Hilangkan Budaya Birokrasi Feodal

Jakarta, Mitrapost.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada Apratur Sipil Negara (ASN) supaya tak terbelenggu mental feodal. Ia juga meminta ASN terus memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam kegiatan Musyawarah Nasional IX Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), Jumat (28/1/2022).

“Hal ini terlihat klise, tapi sangat penting dan mendasar karena sudah sangat lama ASN berada pada zona nyaman, terbelenggu oleh warisan budaya birokrasi feodal sehingga menjadikan ASN kurang produktif,” ucap Jokowi.

“Budaya ini harus berubah total. ASN Indonesia harus keluar dari zona nyaman menjadi modern dan profesional,” sambungnya.

Lebih lanjut Jokowi mengatakan, kewenangan yang diberikan negara kepada ASN harus mampu digunakan secara akuntabel. Dia meminta sumber daya dan kewenangan itu dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan masyarakat.

Baca Juga :   Pemkab Demak Berlakukan Pembatasan Bagi ASN Mudik

“Birokrasi bukan hanya harus hadir di tengah-tengah masyarakat, tetapi kehadirannya berdampak nyata. Itu yang penting, memberikan solusi pada persoalan masyarakat, sehingga melindungi, mengayomi, dan memenuhi hak-hak masyarakat sesuai dengan amanah konstitusi,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati