Daerah Otonomi Baru: Jateng Akan Tambah Provinsi Baru

Mitrapost.com – Pemerintah mewacanakan pemekaran wilayah atau daerah otonomi baru (DOB), salah satu provinsi yang diusulkan memoratorium pemekaran wilayah adalah Jawa Tengah.

Terdapat tiga wilayah di Jawa Tengah yang bakal dijadikan provinsi baru. Ketiga provinsi baru itu adalah Provinsi Banyumasan, Provinsi Muria Raya atau Jawa Utara, dan Provinsi Daerah Istimewa Surakarta (DIS).

Wacana tersebut sempat mendapat banyak perhatian publik. Pasalnya, pembahasan pemekaran wilayah tersebut diunggah dalam sebuah video di YouTube pada 4 Februari lalu. Dan, hingga kini sudah ditonton 328.278 kali.

Inilah tiga provinsi baru bakal menjadi daerah otonomi baru di Jawa Tengah:

1. Provinsi Banyumasan

Provinsi Banyumasan merupakan wacana pemekaran wilayah dari Provinsi Jawa Tengah atau Jateng. 

Baca Juga :   1.114 Petani Tembakau Terima Vaksinasi

Provinsi Banyumasan meliputi Kota Tegal, Kabupaten Brebes, Kabupaten Cilacap, Kabupaten Tegal, Kota Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabupaten Kebumen. Sementara untuk ibu kota Provinsi Banyumasan ini diusulkan berada di Kota Purwokerto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati