oleh

Sejarah Kievan Rus, Peradaban Awal Kerajaan Satu Rumpun Ukraina, Belarusia, dan Rusia

Mitrapost.com – Ketegangan tengah terjadi di Eropa Timur. Sejak Kamis (24/3/2022) lalu, Vladimir Putin yang merupakan Presiden Rusia menyatakan perang terhadap negara tetangganya, Ukraina.

Pihaknya terus melakukan operasi militer hingga saat ini, bahkan Donetsk dan Luhansk telah mampu dikuasai Rusia. Bahkan hingga hari ini, kendaraan militer seperti tank dan kendaraan berat milik Rusia telah memasuki Kiev, ibukota Ukraina.

Melihat konflik yang terjadi, akar permasalahan yang terjadi diantara Ukraina dan Rusia perlu dibahas.

Akar sejarah bermula dari adanya Kerajaan Kievan Rus. Kerajaan ini merupakan awal peradaban bangsa serumpun yang menghuni Ukraina, Belarusia, dan Rusia

Diketahui, kerajaan tersebut dihuni oleh bangsa bernama Rurik pada tahun 880 Masehi hingga abad ke-12.

Baca Juga :   Pembuat Kartun Nabi Muhammad Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan

Raja pertamanya adalah Vladimir I dari Rurik. Pusat pemerintahannya ada di kota Kiev yang sekarang berada di Ukraina.

Sebelumnya pusat pemerintahan Kievan Rus berada di Ladoga, kemudian berpindah ke Novgorod, dan terakhir di Kiev. Ketiga tempat itu masih berada di aliran sungai Volga yang menjadi pusat aktivitas di masa lalu.

Setelah bangsa Mongol menyerang Rusia, ibukota Kiev dipindah ke Moskow. Namun pengaruh kota Kiev sebagai kota pertama yang dibangun megah dan menjadi pusat peradaban tidak bisa dihilangkan begitu saja. Selain itu, lokasinya yang strategis dekat konstantinopel menjadikan kota Kiev penting dalam menyuplai rempah-rempah dan kebutuhan pokok lainnya.

Secara historis dan letak geografis, maka kawasan yang ada di Kiev begitu penting. Di abad pertengahan dan awal modern, daerah aliran sungai Volga menjadi pintu masuk bagi kekaisaran Rusia. Selain itu, masyarakat yang beretnis Rusia juga menyebar di bekas kerajaan Kievan Rus.

Baca Juga :   Ukraina Minta Dukungan Indonesia

Pada masa revolusi Rusia, wilayah Ukraina memisahkan diri dari kekaisaran Rusia pada 23 Juni tahun 1918. Namun usia negara itu tidak lama, pada bulan Desember di tahun yang sama pemerintahan sementara digulingkan oleh Republik Soviet Ukraina.

Setelah pergantian kepemimpinan, Republik Soviet Ukraina bergabung dengan Uni Soviet hingga pecah pada tahun 1991.

Setelah memisahkan diri, Ukraina mencoba membangun negaranya setelah lama menyatu dengan negara Uni Soviet. Kini Ukraina dipimpin oleh Volodymyr Zelensky. (*)

 

 

Artikel ini telah tayang di jatimnetwork.com dengan judul “Sejarah Singkat Negara Kievan Rus, Cikal Bakal dari Ukraina dan Rusia.”