Indonesia Bersikap Netral atas Konflik Rusia-Ukraina, Inikah Pengaruh Ikut GNB?

Mitrapost.com – Gerakan Non-Blok atau GNB merupakan sebuah organisasi yang dibentuk dengan tujuan sebagai sarana bagi negara dunia ketiga menghadapi blok Barat dan blok Timur yang sedang bertikai pada saat itu, demi tercapainya perdamaian dan keamanan dunia. GNB sendiri adalah kekuatan multipolar yang menentang dominasi kekuatan bipolar pada masa Perang Dingin.

Konferensi Asia-Afrika (KAA) yang dilaksanakan di Bandung pada tahun 1955 adalah proses awal lahirnya GNB. KAA diselenggarakan pada tanggal 18 – 24 April 1955 dan dihadiri oleh 29 Kepala Negara dan Kepala Pemerintah dari benua Asia dan Afrika yang baru saja merdeka. GNB bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendalami permasalahan dunia dan berupaya memformulasikan kebijakan bersama negara-negara baru tersebut pada tatanan hubungan internasional.

Baca Juga :   Kemenangan Atas Laos Bawa Indonesia Puncaki Grup B, Berikut Hasil Pertandingan Piala AFF

Indonesia sendiri adalah negara yang sangat berperan penting dalam proses berdirinya organisasi ini. GNB telah menempati posisi khusus dalam politik luar negeri Indonesia karena Indonesia sejak awal memiliki peran sentral dalam pendiriannya. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai sejarah pembentukan dan tujuan GNB yang menarik dipelajari.

Awal Mula Terbentuknya GNB

KAA yang diselenggarakan di Bandung pada 1955 merupakan proses awal lahirnya GNB.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati