11 Bandar Narkoba di Lapas Semarang Dipindahkan ke Nusakambangan

Semarang, Mitrapost.com – Sebanyak 11 narapidana (napi) yang menghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Karanganyar Highrisk Nusakambangan Cilacap malam tadi, Jumat (11/3/2022).

Pemindahan dilaksanakan menyusul tingkat hunian warga binaan di Lapas Semarang yang sudah over-kapasitas. Selain itu, Lapas Karanganyar memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi (highrisk) dan akses yang terbatas dibanding Lapas Semarang.

Dalam pantauan, sekitar pukul 22.00 WIB, napi dipindah secara mendadak dengan menggunakan bus transpas. Pemindahan kali ini diklasifikasikan khusus napi kasus narkoba dengan kategori bandar sehingga dikawal ketat oleh petugas Lapas dan Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah.

Kepala Lapas (Kalapas) Semarang, Supriyanto mengungkapkan, pemindahan dilakukan dalam rangka pembinaan, keamanan, dan pengurangan over-kapasitas. Selain itu juga untuk mencegah dan memutus mata rantai peredaran narkoba di lapas.

Baca Juga :   Sambut Ramadan, Puluhan WBP Lapas Semarang Ikuti Pesantren Kilat

“Saat ini penghuni mencapai 1.698 narapidana yang terdiri dari napi dan tahanan. Sedangkan kapasitas hunian yang layak adalah 663 orang,” ungkapnya.

“Kami tidak main-main akan memindahkan dan mengirim bandar ke Lapas Highrisk Nusakambangan jika napi masih bermain narkoba,” imbuh Supriyanto.

Perlu diketahui, Lapas Karanganyar menerapkan sistem one man one cell yakni satu sel dihuni satu orang, bahkan akses masuk ke dalam blok saja sangat jauh dan terbatas.

Pemindahan napi bandar narkoba juga sesuai dengan semangat tiga kunci pemasyarakatan maju, yaitu deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban, pemberantasan peredaran narkoba di dalam lapas dan rutan, dan sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya. (*)

Baca Juga :   Buntut Pedagang Dipukul Preman Jadi Tersangka, Kapolsek Persit Sei Tuan Dicopot

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati