14 Amalan di Bulan Ramadan Datangkan Banyak Pahala

Bertadarus Al- Quran sepanjang bulan Ramadhan tercantum Kerutinan yang dicoba Rasulullah SAW. Riwayat Ibnu Abbas menarangkan,

” Rasulullah merupakan orang yang sangat dermawan, kedermawanan dia bertambah pada bulan Ramadhan, ialah kala dikunjungi Jibril tiap malam Ramadhan, dia bertadarus Al- Quran dengan Rasulullah.”( HR. Bukhari Muslim).

5. Perbanyak doa

Di bulan Ramadhan hendak dipadati dengan keberkahan. Sebagaimana hadits dari Abu Hurairah ra mengatakan, Rasulullah SAW bersabda:

” Sudah tiba kepada kamu bulan Ramadhan, bulan penuh keberkahan. Allah SWT sudah mengharuskan kepada kamu berpauasa di dalamnya, di bulan itu pintu- pintu langit hendak dibuka serta pintu- pintu neraka hendak ditutup, di bulan itu setan- setan hendak diikat, di bulan itu terdapat malam yang lebih baik daripada seribu bulan, barangsiapa terhalang memperoleh kebaikannya hingga sangat dia sudah terhalang.”( HR. An- Nasai)

Baca Juga :   KH Said Aqil Siradj akan Tetap Dakwah Islam Toleran Meski Kalah di Muktamar NU

6. Berikan makan orang yang berpuasa

Terdapat suatu hadits dari Zaid bin Khalid Angkatan laut(AL) Juhani ra, kalau Rasulullah SAW bersabda:” Barangsiapa yang berikan santapan buat berbuka untuk orang berpuasa hingga ia hendak memperoleh pahala sebagaimana orang tersebut, tanpa kurangi sedikit juga pahala orang itu.”( HR At- Tirmidzy).

7. Itikaf

Itikaf ialah ibadah yang diperintahkan oleh Rasulullah SAW serta apalagi dia sendiri yang senantiasa melaksanakannya di bulan Ramadhan.