Pati Masih Level 3, Bupati: Kunci Turun Level Adalah Vaksinasi Dosis Kedua Bagi Lansia

Pati, Mitrapost.com – Pemerintah kembali memperpanjang penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali berlaku hingga 5-18 April 2022.

Namun berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 20 Tahun 2022, Kabupaten Pati masih berstatus PPKM Level 2 bersama 29 kabupaten atau kota lain di Jawa Tengah. Sedangkan 5 kabupaten atau kota lainnya berstatus PPKM Level 1.

Bupati Pati Haryanto menyampaikan, kunci untuk turun level PPKM adalah persentase vaksinasi dosis kedua bagi orang lanjut usia (lansia). Pasalnya, Kabupaten Pati masih belum memenuhi target untuk vaksinasi lansia.

“Saat ini vaksinasi lansia baru 54 persen. Kalau nanti sudah 60 persen, ya mungkin kita sudah bisa masuk level 1,” ucapnya kepada awak media, Rabu (6/4/2022).

Baca Juga :   Prakiraan Cuaca Kabupaten Pati, Sabtu 24 Juli 2021

Apabila dihitung secara kumulatif, capaian vaksinasi dosis kedua di Kabupaten Pati sudah mencapai 71 persen. Mulai dari tenaga kesehatan, pejabat publik, masyarakat secara umum dan anak-anak sekolah.

“Jika ditotal semua, itu sudah 71 persen, sekian persen untuk vaksinasi dosis kedua. Hanya saja yang dihitung atau dipakai untuk acuan variabelnya adalah vaksinasi dosis kedua bagi lansia,” jelasnya.

Haryanto menegaskan, vaksinasi dosis pertama bagi lansia sudah mencapai 73 persen, sedangkan vaksinasi dosis kedua bagi lansia baru 54,38 persen.

“Tracing kita terus lakukan. Hanya saja karena jumlah penduduk kita kan banyak. Kalau saya ini kan targetnya 1.050.000 penduduk yang divaksin dan sudah disuntik 800 ribu lebih penduduk Pati. Itu kan termasuk sudah bagus,” tandas Haryanto. (*)

Baca Juga :   850 Hektar Lahan Akan Dapat Benih Kedelai Gratis dari Dispertan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral