Malam Lailatul Qadar, Malam Turunnya Ampunan

Mitrapost.comMalam lailatur qadar menjadi malam yang paling ditunggu-tunggu di bulan Ramadan. Karena pada malam tersebut terdapat banyak keutamaan yang dapat diperoleh umat Islam bagi yang berhasil menjumpainya termasuk diampuninya dosa.

Malam lailatul qadar sendiri memiliki makna malam yang lebih baik dari malam seribu bulan. Pada malam-malam ini malaikat turun. Oleh karena itu, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak doa dan ibadah.

Allah SWT telah berfirman mengenai hal tersebut dalam Al-Quran surat Al-Qadr ayat 2-3 yang artinya, “Tahukah kamu apa itu lailatul qadar? Lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan.”

Kata qadar sendiri memiliki banyak makna. Makna pertama, qadar memiliki arti penetapan atau pengaturan. Dengan begitu lailatul qadar dipahami sebagai malam Allah melakukan penetapan atas perjalanan hidup umat manusia.

Baca Juga :   4 Mukjizat Nabi Sulaiman, Putra Nabi Daud

Makna kedua, qadar memiliki arti kemuliaan. Maksudnya, pada malam tersebut merupakan malam mulia yang tak dapat dibandingkan dengan malam-malam lainnya. Malam tersebut mulia karena terdapat peristiwa turunnya kita suci umat Islam yaitu Al-Qur’an. Selain itu, karena malam tersebut menjadi titik tolak atas berbagai kemuliaan yang bisa diraih umat Islam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati