Mengenal Perayaan Pekan Suci Peribadatan Kristen

Mitrapost.com – Dalam perayaan Pekan Suci, umat Kristiani akan mengenang peristiwa-peristiwa menjelang kematian Yesus Kristus melalui penyaliban dan menurut iman mereka, Kebangkitan-Nya.

Perayaan Pekan Suci dimulai dengan Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah. Hari-hari tersebut memiliki peristiwa berbeda untuk dikenang.

Simak penjelasan mengenai pekan suci yang dikutip dari britannica.com:

1. Kamis Putih

Kamis Putih juga disebut Kamis Putih atau Kamis Tipis. Kamis sebelum Paskah, diperingati dalam rangka memperingati lembaga Ekaristi Yesus Kristus selama Perjamuan Terakhir.

Peringatan Perjamuan Terakhir itu menjadi elemen sentral dari ibadat Kristen.

Dalam Katolik Roma, Kamis Putih disertai dengan pembasuhan kaki 12 orang yang rendah hati oleh Paus. Paus meniru pembasuhan kaki 12 murid yang dilakukan oleh Yesus pada Perjamuan Terakhir.

Baca Juga :   RUU Minol Sedang Dikaji, Begini Komentar Perwakilan Umat Kristen Pati

Kamis Putih tahun ini dirayakan besok, Kamis, 14 April 2022.

2. Jumat Agung

Jumat Agung memperingati penderitaan dan kematian Yesus di kayu salib. Sejak hari-hari awal Kekristenan, Jumat Agung diperingati sebagai hari kesedihan, penebusan dosa dan puasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati