PT MNC Energy Akuisisi Saham Perusahaan Migas

Proses akuisisi PT Suma Sarana oleh PT MNC Energy direncanakan akan dilakukan dalam dua tahapan. Tahap pertama yaitu sebanyak 49% saham dibeli langsung oleh PT Bhakti Migas Resources (BMR) yang merupakan anak usaha dari IATA yang mana difokuskan untuk investasi minyak dan gas.

Tahap kedua yaitu sebanyak 36% saham diakuisisi oleh perusahaan BMR dengan bentuk Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) yang kemudian akan ditingkatkan menjadi Akta Jual Beli – Final (AJB) setelah memperoleh persetujuan Pemerintah untuk perubahan pemegang saham pengendali.

“Setelah Pemerintah menyetujui akuisisi 36% saham, perusahaan IATA melalui BMR akan menguasai 85% saham SS  (Suma Sarana),” jelas manajemen IATA.

Baca Juga :   Merti Kali, Lestarikan Budaya dan Sungai

Letak Semai III berada pada pusat hidrokarbon produktif yang mana kandungan minyak dan gas yang signifikan telah ditemukan pada sekitar Lapangan Gas Tangguh, Asap, Merah, Pulau Seram, Andalan (Semai V) serta Abadi dan Lapangan Gas NW Shelf di Selatan.

Ke depannya, perusahaan IATA berencana bermitra dengan operator Internasional dalam mengoperasikan Blok Semai III tersebut. Hal tersebut merupakan salah satu strategi perusahaan untuk mengurangi belanja modal dan meningkatkan efisiensi dari produksi.