oleh

Doa Akhir Ramadan untuk Memohon Kebaikan

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.comRamadan bulan ini akan segera berakhir, dalam hal ini Nabi Muhammad SAW menganjurkan umat Islam untuk membaca doa akhir guna memohon kepada Allah SWT berkenaan dengan kebaikan.

Perlu diketahui sebelumnya, doa yang dipanjatkan pada akhir Ramadan ini merupakan doa yang mustajab.

Berdasarkan riwayat Al Baihaqi, malam berakhirnya Ramadan atau menjelang hari Raya Idul Fitri termasuk dalam salah satu malam yang tidak akan tertolak doanya.

“Lima malam tidak akan ditolak doa di dalamnya, malam Jumat, malam pertama di bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam lailatul qadar, malam Hari Raya Idul Adha dan Fitri.” (HR Al Baihaqi).

Hadist dari Jabir bin Abdillah RA dari Muhammad al Mustafa menjelaskan sunnahnya membaca doa akhir ramadan. Beliau bersabda, “Siapa yang membaca doa ini pada hari terakhir Ramadan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan di antaranya menjumpai Ramadan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah.”

Baca Juga :   Kenali Kepribadian Seseorang dari Bentuk Wajah

Berikut bacaan doa akhir Ramadan
أَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

latin: Allahumma laa taj’alhu aakhiral ‘ahdi min shiyaamina iyyaah, fa-in ja’altahu faj’alnii marhuuman wa laa taj’alnii mahruuma.

Artinya: “Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan yang hampa semata.”

Lalu Kapa waktu membaca doa akhir Ramadan? Doa dapat dibaca pada malam hari tepatnya Idul Fitri.

Berdasarkan buku yang ditulis oleh Shabri Shaleh Anwar dengan judul “10 Malam Akhir Ramadhan” menjelaskan bahwa waktu mustajab untuk membaca doa akhir Ramadan ini adalah waktu sahur atau sepertiga malam terakhir.

Baca Juga :   Hindari Tidur Setelah Sahur, Berikut Dampak Yang Terjadi

Muhammad Saiyid Muhadhir dalam bukunya yang bertajuk Idul Fitri menjelaskan, selain membaca doa akhir Ramadan, dianjurkan pula untuk banyak melantunkan takbir, salat berjamaah, zikir, dan membaca Al-Qur’an. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar