oleh

Kembali Suci, Cara Mandi Wajib Idul Fitri

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Mitrapost.comIdul Fitri menjadi momen suci bagi umat Islam, mandi wajib perlu dilakukan untuk menghilangkan hadas kecil maupun yang besar sebelum melaksanakan salat Idul Fitri.

Hal tersebut termuat dalam Al-Qur’an surah Al Maidah ayat 6. Allah SWT berfirman:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِذَا قُمْتُمْ اِلَى الصَّلٰوةِ فَاغْسِلُوْا وُجُوْهَكُمْ وَاَيْدِيَكُمْ اِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوْا بِرُءُوْسِكُمْ وَاَرْجُلَكُمْ اِلَى الْكَعْبَيْنِۗ وَاِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوْاۗ وَاِنْ كُنْتُمْ مَّرْضٰٓى اَوْ عَلٰى سَفَرٍ اَوْ جَاۤءَ اَحَدٌ مِّنْكُمْ مِّنَ الْغَاۤىِٕطِ اَوْ لٰمَسْتُمُ النِّسَاۤءَ فَلَمْ تَجِدُوْا مَاۤءً فَتَيَمَّمُوْا صَعِيْدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوْا بِوُجُوْهِكُمْ وَاَيْدِيْكُمْ مِّنْهُ ۗمَا يُرِيْدُ اللّٰهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِّنْ حَرَجٍ وَّلٰكِنْ يُّرِيْدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهٗ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ – ٦

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.”

Baca Juga :   Narso Meminta Perusahaan Berikan THR Karyawan Secara Penuh Tahun Ini

Mandi sebelum melaksanakan salat Idul Fitri adalah sunnah dari Rasulullah SAW.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ الأَضْحَى.

Artinya: “Bahwasannya Nabi Sallallahu ‘Alaihi wa Sallam mandi pada hari Idul Fitri dan Idul Adha.” (HR. Ibnu Majah).

Mandi wajib sebelum melakukan salat Idul Fitri juga dijelaskan dalam riwayat Al Baihaqi.

“Seseorang pernah bertanya pada ‘Ali radhiyallahu ‘anhu mengenai mandi. Ali menjawab, ‘Mandilah setiap hari jika kamu mau.’ Orang tadi berkata, ‘Bukan. Maksudku, manakah mandi yang dianjurkan?’ Ali menjawab, ‘Mandi pada hari Jum’at, hari ‘Arafah, hari Idul Adha dan Idul Fitri.” (HR. Al Baihaqi 3/278. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih.)

Baca Juga :   Lindungi Hati serta Diri, Simak Kisah Nabi Syuaib

Berikut cara mandi wajib sebelum melaksanakan salat Idul Fitri;

– Baca niat mandi wajib
– Bersihkan telapak tangan sebanyak 3 kali.
– Bersihkan kotoran yang menempel di sekitar tempat yang tersembunyi di kemaluan dengan tangan kiri.
– Setelah membersihkan kemaluan, cuci tangan dengan sabun dan bilas hingga bersih.
– Lakukan gerakan wundhu tanpa niat
– Masukkan tangan ke dalam air, kemudian sela pangkal rambut dengan jari-jari tangan sampai menyentuh kulit kepala. Jika sudah, guyur kepala dengan air sebanyak 3 kali.  Pastikan pangkal rambut juga terkena air.
– Guyur seluruh tubuh dimulai dari sisi kanan

-Pastikan seluruh sela bagian tubuh telah bersih

Komentar