Jangan Salah, Ini Ucapan Lebaran yang Benar

Mitrapost.com – Momen lebaran atau Idul Fitri merupakan momen untuk saling bermaaf-maafan antar sesama manusia. Dan pada momen ini, umat Islam akan saling mengucapkan doa antara satu sama lain.

Doa atau ucapan yang sering digunakan masyarakat Indonesia adalah minal aidzin wal faidzin. Kata ini sering diartikan sebagai mohon maaf lahir dan batin. Padahal, pada kenyataannya ucapan tersebut tidak berarti demikian.

Kata minal aidzin wal faidzin berarti, “Termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang.” Sehingga tidak ada korelasi dengan saling memaafkan.

Kata yang dianjurkan untuk diucapkan saat saling bermaaf-maafan dalam hari raya Idul Fitri adalah sebagai berikut.

Taqabbalallaahu minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair.

Baca Juga :   Pacu Perekonomian, UMKM Pati Dilibatkan dalam Pemesanan Parsel Lebaran

Artinya: Semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadhan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantia dalam kebaikan.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati