Masyarakat Tambakromo Diimbau Waspadai Wabah PMK pada Hewan Ternak

Pati, Mitrapost.com – Melalui Surat Edaran (SE) yang dikeluarkan pada Jumat (13/5/2022) oleh Camat Tambakromo, Tony Romas Indriarsa mengimbau masyarakat Tambakromo agar meningkatkan kewaspadaan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat pemilik ternak dapat mencegah penyebaran virus PMK dengan cara menjaga kebersihan kandang dengan disinfektan.

Selain itu, apabila ternak dalam kondisi sakit maka perlu diisolasikan terlebih dahulu dari ternak lainnya.

“Beberapa hal yang dapat dilakukan seperti menjaga kebersihan kandang dengan menggunakan disinfektan, kemudian jika hewan sakit diisolasikan,” imbaunya.

Diketahui, hal tersebut merupakan respon atas instruksi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati.

Baca Juga :   DPRD Desak Pemkab Pati Lakukan Langkah Strategis Tangani Banjir

Instruksi tersebut tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan adanya konfirmasi positif virus PMK di Provinsi Jawa Timur yakni Kabupaten Gresik, Lamongan, Mojokerto dan Sidoarjo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati