Dokter Pastikan Penyakit Hepatitis Akut Tak Berhubungan dengan Vaksin Covid-19

“Subtipenya berbeda. Kalau di Astrazenica itu cadok. Di hepatitis akut misterius ini tipenya 41. Jadi sudah bisa disangkal (tidak ada kaitannya Covid-19),” tegasnya.

Ia menyebutkan bahwa cara penyebaran penyakit hepatitis akut adalah melalui pencernaan. Seperti halnya dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Sedangkan untuk penyakit hepatitis A, B, C, D dan E, penyebarannya melalui fecal oral. Namun, untuk penyakit hepatitis akut, juga bisa menyebar melalui udara.

“Karena memang dia koinfeksi (infeksi simultan oleh dua virus) dengan Covid-19. Jadi ada dua kemungkinan. Ini juga masih beredar di beberapa jurnal di luar negeri,” terangnya.

Untuk langkah pencegahan, lanjut Hakam, masyarakat dapat menerapkan protokol Kesehatan. Seperti halnya dengan mencuci tangan sebelum makan dan minum, serta mengenakan masker.

Bila batuk atau bersin, maka harus menutupnya dan tetap pakai masker. Kemudian, tidak boleh bergantian memakai alat makan, terutama pada anak. Selain itu, juga harus membuang sampah popok bekas anak balita pada tempatnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati