Dokter Pastikan Penyakit Hepatitis Akut Tak Berhubungan dengan Vaksin Covid-19

Semarang, Mitrapost.com – Salah satu dokter yang berasal dari kota Semarang yaitu dr. Mochamad Abdul Hakam, Sp.PD., memastikan bahwa penyakit hepatitis akut tak berhubungan dengan vaksinasi Covid-19.

Sehingga ia menegaskan bahwa info yang beredar dengan menyebutkan bahwa penyakit hepatitis akut merupakan akibat dari vaksin Covid-19 adalah hoaks.

“Yang disampaikan oleh beberapa orang yang tidak bertanggung jawab, bahwa (hepatitis akut) ini disebabkan karena vaksin Astrazeneca itu sama sekali tidak benar,” kata Hakam, ditemui di ruang kerjanya di Semarang, Jumat (13/5/2022) sore.

Hakam juga menjelaskan bahwa vaksin jenis Astrazeneca ini tidak digunakan untuk anak-anak di bawah 18 tahun.

Reagen yang di dalam Astrazeneca juga adenovirusnya lain dengan penyebab hepatitis akut. Tidak hanya itu, dalam Astrazeneca tipenya adalah cadok sehingga adenovirusnya sudah dilakukan modifikasi di dalam replikasinya. Dengan begitu, tidak akan terjadi perkembangbiakan dari adenovirus. Sedangkan, hepatitis akut ini adalah subtipe 41.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati