oleh

Bupati Pati Turut Memeriahkan Sedekah Laut

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Acara sedekah laut yang digelar di Kecamatan Juwana, Kabupaten Pati berlangsung cukup meriah pada Minggu (15/5/2022).

Pada momentum tersebut, Bupati Pati Haryanto beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hadir ikut meramaikan acara tersebut. Bupati Haryanto dan jajarannya mendatangi langsung lokasi berlangsungnya acara di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Unit 2 Desa Bajomulyo, Kecamatan Juwana.

Haryanto mengaku bersyukur karena sedekah laut dapat kembali digelar setelah dua tahun lamanya vakum akibat melonjaknya kasus Covid-19 di beberapa wilayah, salah satunya Bumi Mina Tani.

“Acara ini masih terbatas karena kita belum terbebas dari pandemi,” ucapnya.

Ia mengaku bahwa tradisi sedekah laut tak bisa ditinggalkan begitu saja, ia menyebut jika sedekah laut mampu mendatangkan keselamatan dan keberkahan bagi nelayan sekitar.

Baca Juga :   Bangkit di Tengah Pandemi, Pati Bentuk Komite Ekonomi Kreatif

“Tradisi semacam ini mengandung semangat untuk senantiasa memohon kepada Allah SWT agar semua mendapat keselamatan, keberkahan dan keuntungan yang lebih,” tutur Bupati Haryanto.

Dirinya merasa senang bila masyarakat pesisir yang berprofesi sebagai nelayan mampu mendapat penghasilan lebih.

“Saya sangat senang kalau nelayan mempunyai penghasilan lebih dari keberhasilan di bidang kelautan ini,” tegasnya.

Menyinggung terkait aksi demonstrasi aliansi nelayan Juwana pada Sabtu (14/5/2022) lalu, dirinya mengaku telah menindaklanjuti aspirasi pengunjuk rasa. Haryanto pun telah menyurati Pemerintah Pusat untuk menurunkan tarif PNPB.

“Saya bahkan sudah buat surat kepada Presiden, Menteri Keuangan serta Menteri Kelautan dan Perikanan terkait PP No. 85 Tahun 2021. Kami minta agar indeks tarif PNBP pasca produksi itu bisa diturunkan. Alasannya tentu karena saat ini semua kembali merintis lantaran sebelumnya dihantam pandemi. Kemudian wilayah tangkapan jangan hanya satu wilayah, namun beberapa wilayah,” ucap Haryanto.

Baca Juga :   53.584 Pelaku UMKM di Pati Mendapatkan BPUM di Tahun 2021

Dirinya mengajak para nelayan mengkawal tuntutan hingga dikabulkan.

“Karenanya saya mohon ini dikawal. Dan saya berharap tuntutan ini bisa dikabulkan,” tegas Bupati.

Ia akui selama menjabat sebagai orang nomor satu di Kabupaten Pati telah mengembangkan infrastruktur penunjang industri perikanan di Juwana. Upaya itu dirinya lakukan pada periode ini maupun periode kepemimpinan sebelumnya.

“Dahulu Pulau Seprapat sangat sempit sekarang sudah kami lebarkan dan bisa untuk aktivitas perkapalan. Karena bagaimanapun juga, Juwana ini merupakan pusat perekonomian, jadi harus mampu bangkit dari pandemi. Dan berbagai infrastruktur yang kita bangun ini, semata-mata agar membantu pertumbuhan perikanan di Juwana,” ungkapnya.

Melalui tradisi ini, ia mendoakan agar semua nelayan maupun pelaku usaha perikanan lainnya senantiasa dianugerahi kesehatan, keselamatan, dan keuntungan yang berlimpah.

Baca Juga :   Terkuras Pandemi Covid-19, Anggaran Pokok Pikiran Dewan Nihil

Di lokasi yang sama, Kepala Desa Bajomulyo Sugito berterimakasih kepada seluruh panitia sehingga acara tersebut bisa terlaksana.

“Harapan kami, selaku pelaku usaha perikanan, mudah-mudahan kami senantiasa diberikan rejeki yang halal dan barokah,” ujar pria yang juga merupakan ketua panitia acara.

Ucapan terimakasih juga ia sampaikan kepada Bupati Haryanto yang telah membuatkan tambatan kapal di Pulau Seprapat. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar