oleh

Gelar Rapat Bersama Bupati, Ruang Paripurna DPRD Pati Sepi Anggota Dewan

Pati, Mitrapost.com – Agenda Rapat Paripurna yang digelar oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati pada hari ini, Rabu (25/5/2022) terlihat sepi dengan banyaknya kursi yang masih kosong.

Padahal dalam agenda rapat tersebut dihadiri oleh Bupati Pati Haryanto dan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin beserta jajarannya.

Berdasarkan pantauan di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Pati, terhitung hanya 16 anggota dewan yang terlihat di dalam ruangan tersebut.

Agenda rapat yang digelar tersebut membahas terkait dengan ‘Jawaban Bupati Pati Atas Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Terhadap Raperda Tentang Rencana Pembangunan Industri di Pati’.

Menyaksikan kondisi tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Pati Ali Badrudin yang juga turut hadir bersama Wakil Ketua I beserta Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Pati yakni Joni Kurnianto dan Hardi menyayangkan ketidakhadiran para anggota dewan.

Baca Juga :   25 Desa Wisata Baru, Diharap Mampu Percepat Pertumbuhan Ekonomi di Pati

Ia mengungkapkan bahwasanya ketidakhadiran tersebut bukan hanya saat rapat paripurna saja, melainkan rapat lainnya juga terdapat beberapa anggota yang tidak pernah hadir mengikuti rapat.

“Saya selaku pimpinan para anggota dewan yang justru tidak hadir saat paripurna, dan itu tidak hanya kali ini saja bahkan rapat lain pun juga tidak hadir, bukan hanya sekali dua kali,” katanya saat menjelang menutup rapat tersebut.

Pihaknya juga menyinggung soal pemenuhan hak bagi anggota dewan yang sudah dipenuhi oleh negara. Namun sayangnya kewajiban mereka sebagai wakil rakyat tidak dipenuhi.

“Saat haknya sudah pada dipenuhi, maka kewajiban menjadi anggota dewan juga harus dipenuhi. Termasuk soal rapat,” tambah Ali.

Baca Juga :   Sambut Pemudik Libur Panjang, Dewan Pati: Operasi Gabungan di Batas Pati Sangat Bagus

Meskipun demikian, saat membuka rapat pihaknya menyampaikan berdasarkan data presensi tercantum sebanyak 26 anggota, sehingga ia beranggapan bahwa kuorum rapat sudah terpenuhi.

Selain itu, Ali juga menegaskan bahwa dengan adanya oknum anggota DPRD yang bolos saat rapat sudah seharusnya mendapat peringatan dan sanksi dari Badan Kehormatan (BK) DPRD Kabupaten Pati.

“Ke depannya ini harus diserahkan ke BK, dan biar menjadi kewenangan mereka dalam memberikan sanksi,” pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral