oleh

Ketua Komisi X DPR Tolak Tarif Tiket Masuk Candi Borobudur Rp750 Ribu

Mitrapost.com – Rencana Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menaikkan harga tiket masuk Candi Borobudur mencapai Rp750 ribu mendapat banyak kritik, salah satunya Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Syaiful Huda.

Menurutnya kenaikan tarif masuk ke Candi Borobudur itu musti dievaluasi.

“Saya pada posisi tidak setuju. Saya tidak setuju dan kalau sudah diputuskan saya kira perlu dilakukan evaluasi,” ujarnya, Senin (6/6/2022).

Kenaikan tiket masuk Candi Borobudur ini didasari pada pencegahan penumpukan wisatawan di atas stupa.

Bagi Huda, ada langkah alternatif lain untuk mengatasi persoalan tersebut tanpa harus menjadikan objek wisata itu hanya mampu dinikmati wisatawan tertentu saja.

Baca Juga :   Mengenal Lebih Dekat Sosok Luhut Panjaitan, Berikut Profilnya

Huda menyatakan Borobudur tak boleh menjadi destinasi wisata eksklusif. Ia tak ingin kebijakan pemerintah justru menjauhkan masyarakat dari pemahaman sejarah dan pengalaman spiritual dari Borobudur.

“Saya masih setuju Borobudur harus tetap menjadi destinasi yang bisa diakses sebanyak-banyaknya oleh wisatawan kita,” ujarnya.

Menurutnya perlu ada pembatasan pengunjung melalui aturan jam kunjungan dan hari kunjungan.

“Pada konteks praktiknya, saya pikir masih ada cara lain kalau konteksnya proteksi, dalam rangka memproteksi itu. Bukan menaikkan (tarif) tiketnya,” ungkap politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dirinya  meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) membuka ruang dialog dengan sejumlah pihak, termasuk Komisi X DPR terkait rencana menaikkan tiket masuk Borobudur.

Baca Juga :   BMKG Siapkan Sistem Peringatan Dini Prediksi Tsunami 20 Meter

“Ya kita minta supaya ada diskusi dulu. Ada semacam konsultasi publik dulu dan saya kira Kemenparekraf bisa mengambil inisiatif,” ujarnya.

Perlu diketahui, Luhut akan menaikkan harga tiket ke Candi Borobudur menjadi Rp750 ribu untuk wisatawan lokal dan US$100 untuk wisatawan asing. Sementara, harga tiket untuk pelajar dipatok Rp5 ribu.

Selain itu, kuota turis ke Candi Borobudur juga dibatasi hanya 1.200 orang per hari. Mereka pun wajib menggunakan jasa pemandu wisata atau tour guide dari warga lokal sekitar kawasan Borobudur. (*)

 

 

Artikel ini telah tayang di cnnindonesia.com dengan judul “Ketua Komisi X DPR Tolak Harga Tiket Borobudur Rp750 Ribu.”