Harga Tiket Candi Borobudur Capai Rp750 Ribu, Tokoh Agama Buddha Angkat Bicara

Magelang, Mitrapost.com – Nantinya akan ada kebijakan baru bagi wisatawan yang ingin menikmati objek wisata Candi Borobudur. Kebijakan itu adalah adanya aturan harga tiket bagi pengunjung.

Bagi wisatawan domestik sebesar Rp750 ribu, wisatawan mancanegara 100 dolar AS, dan untuk pelajar (grup study tour sekolah/bukan individual) Rp5.000.

Adanya kebijakan kenaikan tarif masuk Candi Borobudur ditanggapi oleh tokoh agama Buddha setempat. Kepala Wihara Mendut Biksu Sri Pannyavaro Mahathera mengemukakan pendapatnya bahwa tiket masuk ke candi tersebut terlalu memberatkan bagi pengunjung.

Menurutnya selayaknya harga tiket tersebut tak membebani masyarakat kecil. Ia tak ingin Candi Borobudur hanya bisa dikunjungi oleh orang-orang kaya saja maupun bagi umat Buddha yang biksu saja. Pasalnya keadaan tersebut sangat tidak memungkinkan.

Baca Juga :   Candi Borobudur Layak Uji Coba Pembukaan Pariwisata

“Rakyat kecil sampai meninggal pun tentu tidak akan mampu naik ke atas candi melakukan puja atau pradaksina karena harus membayar sangat mahal bagi mereka Rp750.000 per orang,” ujar Pannyavaro, Senin (6/6/2022).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati