oleh

Syarat Agar Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023

Mitrapost.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia diprediksi lolos ke Piala Asia 2023. Pasukan Shin Tae-yong bakal lolos meski Kuwait menang atas Yordania.

Di klasemen sementara Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Yordania berada di puncak dengan mengoleksi enam poin (selisih gol +2).

Kemudian, Timnas Indonesia membuntuti di urutan kedua dengan tiga angka (selisih gol 0) dan Kuwait di tempat ketiga juga dengan poin yang sama (selisih gol +2).

Nepal berada di dasar klasemen dengan koleksi nol poin. Timnas Indonesia mengungguli Kuwait meski kalah selisih gol karena skuad Garuda unggul head-to-head atas sang lawan.

Sekarang yang jadi pertanyaan, bagaimana cara menentukan posisi di klasemen jika Timnas Indonesia menang atas Nepal, dan di laga lain Kuwait menang kontra Yordania? Jika skenario ini terjadi, koleksi poin Timnas Indonesia, Yordania dan Kuwait identik yakni enam angka.

Jika kondisi di atas terjadi, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) akan membuat klasemen mini. Dalam klasemen mini itu bakal dihitung, hasil yang didapat dalam pertenuan Timnas Indonesia, Kuwait dan Yordania (hasil lawan Nepal tidak masuk hitungan).

Berikut penentuan peringkat berdasarkan klasemen mini: 1. Keunggulan poin, 2. head-to-head, 3. Selisih Gol, 4. Jumlah gol memasukkan.

Timnas Indonesia jika menang atas Nepal dan Kuwait menang kontra Yordania:

1. Kuwait Menang 1-0 Yordania dan Indonesia Menang atas Nepal

Jika kondisi ini terjadi, Timnas Indonesia dan Kuwait akan menempati posisi satu dan dua klasemen akhir. Secara selisih gol saat ketiga tim ini bertemu, sama-sama nol. Namun, Timnas Indonesia dan Kuwait mencetak gol lebih banyak, yakni dua berbanding satu milik Yordania.

Lantas, siapa pemuncak klasemennya? Indonesia berhak berada di puncak. Sebab, Indonesia menang head-to-head atas Kuwait.

Berikut klasemen akhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 jika skenario di atas tercipta:

  1. Indonesia 2-2 = 6 Poin
  2. Kuwait 2-2 = 6 Poin
  3. Yordania 1-1 = 6 Poin

2. Kuwait Menang 2-1 atas Yordania dan Timnas Indonesia Menang atas Nepal

Andai Kuwait menang 2-1 atas Yordania atau dengan skor selisih gol yang lebih besar seperti 3-2, 4-3, 5-4 dan seterusnya, Timnas Indonesia tersingkir.

Indonesia, Kuwait dan Yordania memiliki selisih gol yangh sama yaitu 0.

Namun, secara jumlah gol, Kuwait lebih unggul dengan koleksi tiga gol. Sedangkan Indonesia dan Kuwait sama-sama mengoleksi dua gol. Namun, Yordania lebih unggul karena menang head-to-head atas Timnas Indonesia.

Berikut klasemen akhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 jika skenario di atas tercipta:

  1. Kuwait 3-3 = 6 Poin
  2. 2. Yordania 2-2 = 6 Poin
  3. Indonesia 2-2 = 6 Poin

3. Kuwait Menang 2-0 atas Yordania dan Timnas Indonesia Menang Berapa pun atas Nepal

Kuwait dan Timnas Indonesia bakal menempati posisi satu dan dua jika skenario ini terjadi. Sebab, secara selisih gol mereka mengungguli Yordania.

Kuwait memiliki selisih gol +1, Indonesia 0 dan Yordania -1. Otomatis, Kuwait bakal keluar sebagai juara grup, disusul Indonesia dan Yordania.

Berikut klasemen akhir Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 jika skenario di atas tercipta:

  1. Kuwait 3-2 = 6 Poin
  2. Indonesia 2-2 = 6 Poin
  3. Yordania 1-2 = 6 Poin

Meski finis sebagai runner-up Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Timnas Indonesia tak otomatis lolos ke putaran final. Sebab, hanya lima runner-up terbaik dari enam runner-up fase grup yang diizinkan lolos ke Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia wajib berharap di grup lain, posisi runner-up-nya gagal menyentuh enam angka. Saat ini dari enam runner-up, ada tiga runner-up grup yang belum menyentuh enam poin dari dua pertandingan.

Mereka ialah Timnas Indonesia dari Grup A, Filipina dari Grup B yang mengoleksi empat angka dan Malaysia dari Grup E yang mendulang tiga angka. Potensi Filipina terpeleset di laga pamungkas sangat besar, mengingat mereka bakal jumpa Palestina yang selalu menang dalam dua laga awal.

Sementara itu, Malaysia memang hanya bertemu Bangladesh di laga pamungkas, tim yang selalu kalah dalam dua laga awal. Namun, jangan lupa Bangladesh pernah menahan Timnas Indonesia dalam laga uji coba pada Rabu, 1 Juni 2022 malam WIB.

Jika Timnas Indonesia menang atas Nepal, Malaysia bermain imbang kontra Bangladesh dan Filipina gagal menang atas Palestina, skuad Garuda yang lolos ke Piala Asia 2023.

Tentu harapannya skenario di atas dapat terjadi. Dengan begitu, Shin Tae-yong berhasil meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia untuk pertama kalinya dalam 16 tahun terakhir. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral