oleh

Sebanyak 3.060 Kader TPK Tingkat Desa Disiapkan untuk Program Penurunan Stunting Pati

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Sebanyak 3.060 kader Tim Pendamping Keluarga (TPK) di seluruh desa di wilayah Kabupaten Pati disiapkan dalam rangka program penurunan stunting tahun 2022.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Bidang Keluarga Berencana (KB) Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak & Keluarga Berencana (DINSOSP3AKB) Kabupaten Pati, kader TPK tersebut dibentuk di masing-masing desa sebanyak 3 orang.

Mereka terdiri dari bidan desa, kader Keluarga Berencana (KB) tingkat desa dan lainnya diambilkan dari salah satu kader Tim penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) desa.

“Jadi kader TPK di masing-masing desa akan dibentuk, tim terdiri dari 3 orang, yakni dari kader KB, kader PKK dan bidan desa,” katanya saat diwawancarai Mitrapost.com, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga :   Cegah DBD, Dinkes Jateng Imbau Terapkan G1R1J

Pihaknya juga menambahkan bahwa tim tersebut nantinya akan bertugas untuk memberikan pendampingan dan melakukan deteksi dini pencegahan stunting.

Ia menjelaskan jika ada calon pengantin (catin) yang akan melangsungkan pernikahan. Maka tim TPK tersebut akan memberikan pendampingan berupa edukasi terkait kebutuhan gizi bagi kesehatan sebelum menentukan untuk hamil nantinya.

“Tim ini yang nantinya akan bertugas di masing-masing desa, untuk mendeteksi dan melakukan pendampingan. Misal ada catin maka mereka kami datangi untuk diberikan edukasi,” ungkapnya.

Selain itu, kader TPK juga nantinya akan memliki tanggung jawab dalam melakukan pendampingan kepada wanita hamil hingga melahirkan.

Sebagaimana yang diketahui, untuk mengetahui kondisi stunting dimulai pada 1.000 hari pertama kehidupan anak tersebut.

Baca Juga :   Para Pedagang Akui Alun-Alun Kembangjoyo Lebih Ramai Dibandingkan TPK

“Terus kemudian misal ada hamil, mereka akan datangi dengan memberikan pendampingan hingga pasca hamil termasuk kepada si anak yang dilahirkan. Karena untuk mengetahui stunting itu kan pada 1.000 hari pertama kehidupan,” pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar