oleh

Tingkatkan Mutu Literasi Perpustakaan, SMPN 1 Juwana Lakukan Penilaian Akreditasi Tingkat Nasional

Pati, Mitrapost.com – Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Juwana menjadi salah satu sekolah yang terpilih di Kabupaten Pati untuk berkesempatan melakukan penilaian akreditasi nasional.

Kegiatan akreditasi tersebut dilakukan sebagai upaya dan komitmen pihak sekolah maupun Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Pati yang bertindak sebagai pembimbing dalam meningkatkan mutu literasi.

Kegiatan penilaian yang diselenggarakan secara langsung di ruang perpustakaan SMP N 1 Juwana tersebut dilakukan oleh tim asesor dari lembaga akreditasi perpustakaan tingkat nasional.

Penilaian tersebut diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah Amin Aolawi. Dalam sambutan, pihaknya menyampaikan terimakasih karena telah diberi kesempatan untuk dilakukan penilaian akreditasi tingkat nasional.

Ia menerangkan bahwa sejauh ini perpustakaan SMP N 1 Juwana telah berupaya maksimal dalam memberi pelayanan baik bagi siswa-siswi maupun seluruh warga sekolah.

Baca Juga :   Sudah Final, Lokasi LI di Pati Kembali Jadi Lahan Hijau

“Kami sampaikan terimakasih kepada tim asesor dan juga dinas yang telah berkenan untuk mendatangi kami. Selama ini kita juga sudah melakukan beberapa inovasi, seperti mengimbau guru-guru untuk membuat karya-karya buku dan sebagainya,” ungkapnya.

Selanjutnya, pada sesi yang sama salah satu perwakilan dari tim asesor dari lembaga akreditasi perpustakaan nasional, Martini menerangkan bahwa penilaian yang dilakukan berdasarkan pengisian-pengisian form yang sudah diberikan tiga bulan yang lalu.

Pihaknya sebagai tim asesor berharap, penilaian akreditasi sekolah tidak hanya fokus pada penilaian saja, melainkan terkait upaya memberikan pelayanan terbaik dalam hal literasi di lingkungan sekolah.

“Dalam penilaian itu berkaitan dengan form yang kami kirim lalu Bapak Ibu, nah itu sudah berdasarkan standar yang berlaku secara nasional. Maka harapannya tidak hanya terpaku pada akreditasi saja, semoga tetap dengan semangat meningkatkan pelayanan dalam hal literasi semakin membaik,” ungkapnya.

Baca Juga :   Atlet PeSONas Asal Rembang Ikuti Test Event Hari Ini

Kegiatan penilaian akreditasi yang dilakukan oleh tim asesor tersebut, setidaknya berlangsung hingga 4 jam. Kegiatan penilaian dimulai sekitar pukul 15.00 dan baru berakhir hingga pukul 19.00 WIB.

Terlihat pada saat melakukan penilaian, tim asesor melakukan pengecekan terhadap beberapa fasilitas seperti WiFi, ketersediaan jumlah buku, katalog pencarian buku dan perlengkapan penunjang lainnya.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Perpustakaan SMP N 1 Juwana Yaman, selesai melakukan penilaian ia menyampaikan bahwa pihaknya mendapatkan banyak masukan dari tim asesor.

Masukkan tersebut di antaranya berkaitan dengan penataan buku, ketersediaan jurnal dan pengelompokan buku bacaan serta penamaan buku.

“Yang jelas kami berterimakasih. Kalau untuk masukkan itu ada beberapa, misal soal penataan, penomoran sesuai laci atau tidaknya dan banyak lagi,” terangnya.

Baca Juga :   Ikatan Keluarga Minang Santuni Puluhan Anak Yatim di Pati

Lebih lanjut, pihaknya mengungkapkan bahwa untuk masukkan yang telah disampaikan merupakan bahan evaluasi untuk perbaikan perpustakaan SMP N 1 Juwana.

Ia juga berharap, semoga ke depannya hasil nilai yang sudah dilakukan bisa memuaskan dan maksimal.

“Kalau masukkan itu kan merupakan bahan evaluasi dan kami akan benahi itu, tapi semoga saja untuk hasilnya tetap yang terbaik,” pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral