oleh

Antisipasi Kasus Omicron BA4 dan BA6, Pati Dapat Fasilitasi Test WGS

anda ingin cepat kaya kerja sambil jalan - jalan di luar negeri? dan dapatkan gaji jutaan rupiah!! hubungi 0821-3869-9954

Pati, Mitrapost.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Jawa Tengah mengungkapkan Pati belum ada kasus varian Omicron BA.4 dan BA.5.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Pati , Joko Leksono.  Ia menjelaskan dalam beberapa pekan terakhir memang ada gejolak kenaikan kasus Covid-19 di  Jawa Tengah meski demikian dalam beberapa tes PCR terakhir Kabupaten Pati masih dinyatakan  0 kasus Covid-19 baru.

“Lonajakan Covid seperti ada di berita kemarin memang benar. Kita kemarin mengikuti  zoom meeting dengan Dinkes Provinsi, ada 8 kabupaten kota yang mengalami lonjakan setelah 2 minggu evaluasi. Di Pati 0 kasusnya, rata-rata jarang ada. Barusan 3 hari yang lalu,” ujar Joko saat ditemui Mitrapost.com kemarin, Selasa (21/6).

Baca Juga :   Dukungan Moril, Bupati Pati Akan Kirim Lontong Opor untuk Pasien Covid-19 di RSUD

Ia juga mengonfirmasi bahwa secara nasional kasus varian Omicron BA.4 dan BA.5 baru ditemukan di Jakarta dan Bali. Meski demikian, pemerintah daerah tetap dalam status siaga. Test PCR masih dilakukan oleh sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes).

Dinas Kesehatan Provinsi juga baru-baru ini mengadakan layanan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) untuk Fasyankes  di Kabupaten Pati dalam rangka penguatan deteksi kasus varian omicron.

Dinas kesehatan Pati telah menyosialisasikan fasilitasi pemerintah Jawa Tengah ini kepada seluruh Pengurus  Fasyankes dan pemangku kepentingan di tingkat kecamatan.

Tidak seperti metode Polymerase Chain Reaction (PCR). Metode WGS lebih dapat  mendeteksi varian Covid-19 omicron yang baru.

Joko menjelaskan metode WGS lebih efektif mendeteksi varian virus Covid-19 sementara metode PCR hanya bisa mendeteksi keberadaan virus di dalam tubuh seseorang.

Baca Juga :   Temu Ganjar-Bambang Pacul Disambut Riuh Kader PDI Perjuangan

“Nantinya  yang positif (saat PCR) itu setelah di laborat dengan genome sequence nya.itu nanti terdeteksi masuk di BA.4 BA.5 atau omicron yang lama,” ujar Joko.

Joko mengaku hingga kini Test WGS belum terpakai lantaran kasus Covid-19 di Pati masih 0.

Untuk menghindari penyebaran varian Covid-19 yang baru, masyarakat diminta tetap waspada, tetap menerapkan protokol kesehatan dan vaksin lengkap sampai booster. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral

Komentar