oleh

Masyarakat Dilibatkan dalam Pemutakhiran Data Pemilu Lewat Aplikasi

Pati, Mitrapost.com – Guna Memastikan keakuratan jumlah data Pemilih dalam Pemilu 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pati mengoptimalkan penggunaan aplikasi berbasis mobile “Lindungi Hakmu”. Bukan hanya jajaran KPU, masyarakat juga bisa berkontribusi melalui aplikasi ini.

Aplikasi Lindungi Hak Itu merupakan sebuah terobosan baru yang diluncurkan KPU RI dalam memberikan kemudahan bagi seluruh warga atau masyarakat yang ingin memastikan data diri mereka terdaftar atau tidak sebagai Pemilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Cara kerja aplikasi ini cukup sederhana. Dimana aplikasi melakukan sinkronisasi data melalui update data KPU Kabupaten ataupun laporan dari masyarakat.

Lindungi Hakmu mampu menjawab pertanyaan warga seputar bagaimana caranya agar bisa terdaftar dalam daftar pemilih pada Pemilu 2024 mendatang.

Baca Juga :   DPRD Pati Sebut Warga Resah dengan Rencana Pembangunan Pabrik Sepatu di Trangkil

Aplikasi Lindungi Hakmu juga menyediakan fitur untuk memeriksa rekapitulasi data pemilih, daftar jadi pemilih, dan laporan pemilih tidak memenuhi syarat.

Khoirun Nikmah divisi perencanaan data dan informasi anggota KPU Pati mengungkapkan, melalui aplikasi ini ia mengharapkan partisipasi masyarakat untuk menginput anggota keluarga yang masuk dalam kategori pemilih tidak memenuhi syarat (TMS), agar pencetakan kertas suara bisa optimal.

Adapun Pemilih TMS yang harus di-upgrade atau dihilangkan datanya tersebut diantaranya ialah pemilih yang sudah meninggal, pindah domisili kependudukan, anggota TNI, dan Anggota Polri.

“Kami mengharap tanggapan dan masukan di masyarakat. Masyarakat mempunyai media mereka memberikan masukan misal ada saudara atau keluarga meninggal di input,” jelas Nikmah saat ditemui di kantornya hari ini, Jumat (24/6/2022).

Baca Juga :   Marak Pinjaman Online Berkedok Koperasi, Warga Pati Bisa Cek Validasi di Dinkop UMKM

Dijelaskannya, Aplikasi dapat diunduh melalui aplikasi Playstore handphone android. Mulai bisa digunakan terhitung sejak agenda persiapan Pemilu 2024 dimulai.

Selain memanfaatkan aplikasi, untuk pemutakhiran data, KPU Pati juga menempuh cara organik, menjalin koordinasi dengan Disdukcapil, Dinas Pendidikan Jateng Korwil Pendidikan, Kemenag, TNI, dan Polri. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral