Kurangi Kadar Profenofos, Masyarakat Diimbau Cuci Sayuran dan Buah Sebelum Dikonsumsi

Semarang, Mitrapost.com – Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpan) Jawa Tengah mengimbau masyarakat untuk terlebih dahulu mencuci sayuran dan buah sebelum dikonsumsi.

Hal tersebut disampaikan, setelah pihak Dishanpan melakukan pengawasan Pangan Segar Asal Tumbuhan (PSAT), yang bertujuan untuk memastikan pangan dan memberikan perlindungan kepada konsumen.

Kepala Dishanpan Jateng Dyah Lukisari mengatakan, pengawasan tersebut dilakukan sebagai bentuk pemenuhan tugas dinas sebagai Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKPD).

Hingga minggu ketiga Juni, pengawasan telah dilakukan pada 39 pasar rakyat dan toko swalayan di 15 kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Ditambahkan, pengawasan dilakukan secara rutin maupun insidentil.

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan pengambilan contoh untuk pengujian secara kualitatif menggunakan Rapid Test Kit G9 Pesticide atau secara kuantitatif, dengan menggandeng Laboratorium PT Saraswanti Indo Genetech Bogor.

Baca Juga :   107 Warga Isoman Meninggal Dunia

Adapun, pengambilan sampel uji cepat pestisida, katanya, dilakukan pada beberapa sayuran dan buah.  Di antaranya sawi, labu siam, daun bawang, kacang panjang, cabai rawit merah, strawberi, angggur, kiwi, apel, dan melon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati