Sidang Isbat Iduladha Akan Digelar Hari Ini

Mitrapost.com – Iduladha akan jatuh pada bulan Juli 2022. Untuk menentukan tanggal pastinya, kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat penentuan Iduladha 1443 H pada hari ini, Rabu (29/6/2022).

Sebagai informasi, pengamatan hilal atau rukyatul hilal awal Zulhijah ini akan digelar di 86 lokasi yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

Berdasarkan keterangan dari Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib pengamatan posisi hilal akan dimulai pada pukul 17.00 WIB.

Selanjutnya akan digelar sidang isbat pada pukul 18.15 dan telekonferensi pers penetapan 1 Zulhijjah pada jam 19.05 WIB.

“Pada hari rukyat, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia di atas ufuk, berkisar antara 0 derajat 52 menit sampai dengan 3 derajat 13 menit, dengan sudut elongasi 4,27 derajat sampai dengan 4,97 derajat,” ungkap Adib dalam keterangannya yang dikutip Rabu (29/6/2022).

Baca Juga :   Ketua MUI Sindir Pertemuan Jokowi dengan Elon Musk

Sementara Kepala Subdit Hisab Rukyat dan Syariah Ismail Fahmi menyebut, sidang isbat awal Zulhijah 1443 H yang digelar di Auditorium HM. Rasjidi, Kantor Kemenag RI, Jakarta.

Kegiatan ini rencananya akan dihadiri sejumlah Duta Besar Negara Sahabat, Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Sidang juga akan dihadiri Badan Informasi Geospasial, Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas Islam, Anggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kementerian Agama, dan pimpinan ormas Islam dan Pondok Pesantren,” jelas Ismail. (*)