Bukan Faktor Alam, Perilaku Masyarakat Adalah Penyebab Utama Banjir Kemarin

Pati, Mitrapost.com – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya mengatakan, curah hujan tinggi bukan menjadi penyebab utama Kabupaten Pati dilanda banjir bandang beberapa waktu lalu. Melainkan karena adanya tumpukan sampah, terutama di bantaran sungai.

Ia menyebut, tumpukan sampah di bantaran sungai – sungai besar di Pati saat ini sangat memprihatinkan. Hampir setiap sungai dicemari sampah-sampah rumah tangga.

Sehingga sampah tersebut menghambat jalannya air sampai ke laut dan meluap ke permukiman warga.

Temuan ini didapat dari proses evakuasi dampak banjir bandang di sejumlah wilayah di Pati baru-baru ini. BPBD Pati bahkan harus mengerahkan alat berat untuk membersihkan sampah-sampah di sungai

Baca Juga :   DPRD Pati Desak Pemkab Tawarkan Peluang Bisnis bagi Eks Penghuni Lorong Indah

“Penyebabnya selain tingginya curah hujan juga disebabkan oleh tumpukan sampah. setelah banjir di sungai Suwatu kita lihat sampahnya membludak. Sudah mengeluarkan alat berat untuk mengangkut sampah di jembatan,” kata Martinus saat ditemui di kantornya kemarin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati