Meski Banyak Manfaat, Ini Penyebab Retinol Dilarang Digunakan Ibu Hamil

Mitrapost.com – Bahan retinol dikenal memiliki banyak manfaat seperti mengatasi jerawat, memperbaiki tekstur kulit, hingga ada yang menyebut bisa mengatasi penuaan dini.

Retinol merupakan bahan aktif dari vitamin A yang memang sering digunakan sebagai bahan skincare. Namun meski begitu, bagi ibu hamil dan menyusui dianjurkan untuk tidak menggunakan produk dengan bahan retinol.

Deanne Mraz-Robinson, M.D selaku dermatologist di Westport, CT menjelaskan bahwa penggunaan kandungan turunan vitamin A saat tengah menyusui diketahui akan berdampak buruk pada bayi.

“Penggunaan vitamin A sintetis (retinoid) oleh ibu selama masa kehamilan dan menyusui bisa memberikan efek samping pada anak,” jelasnya dalam Very Well Family.

Oleh karena itu, banyak dokter yang menyarankan untuk tidak menggunakan bahan ini selama masa menyusui. Bahkan bahan ini menurut dermatolog asal New York, Hadley King, M.D, bisa menyebabkan cacat lahir.

Baca Juga :   Cara Merubah Takdir Buruk

“Retinoid sistemik, seperti isotretinoin, dapat menyebabkan cacat lahir, dan oleh karena itu kami tidak merekomendasikan penggunaan retinoid apapun selama kehamilan atau menyusui, meskipun penyerapan sistemiknya minimal,” ujar dr. King.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati