oleh

Fatal, Buku Pelajaran PPKn SMP di Kudus Cederai Umat Kristiani

Kudus, Mitrapost.com – Kelas VII SMP di Kabupaten Kudus menerima kekeliruan penjelasan tentang Trinitas dan Ketuhanan bagi agama Kristen Protestan dan Katolik. Kesalahan krusial itu tertera di dalam buku pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

Kondisi memprihatinkan ini mendapat sorotan publik, terutama pemeluk agama Nasrani serta para tenaga pendidik.

Warganet yang menyayangkan kejadian ini pun berbondong-bondong mengunggah foto maupun video buku bermasalah itu sebagai konten di media sosial. Upaya ini demi mempublikasikan kelalaian yang dilakukan pemerintah.

Usai menerima kiriman buku bermasalah itu, Kepala SMPK Kanisius Herry Christanto membenarkannya bahwa terdapat kesalahan dalam isi buku tersebut.

Pihaknya telah menarik peredaran buku tersebut, kemudian tidak digunakan lagi untuk pembelajaran para anak didiknya.

“Total yang beredar di siswa ada 59 buku, ini sudah kembali sekitar 30 buku,” sebutnya, Rabu (3/8/2022).

Walau sudah menggegerkan, saat ini pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus belum menyampaikan surat edaran.

Diketahui, kesalahan terjadi di halaman 78 dan 79 yang membahas konsep Ketuhanan dan Trinitas agama Kristen Protestan dan Katolik.

“Sementara tidak digunakan terlebih dahulu, guru PPKn menggunakan materi secara mandiri,” jalesnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral