Optimalkan Kerja Buruh, Sarbumisi Pati akan Daftarkan 4 Basis ke Disnaker

Pati, Mitrapost.com – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Pati secara bertahap akan melegalkan basisnya. Saat ini, pihaknya mencatat 17.500 anggota.

“Sudah ada 15 basis yang terbentuk. Kebetulan baru empat basis yang kami urus legalitasnya,” ujar Ketua DPC Sarbumusi Pati Husaini seusai mendaftarkan basis di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), Rabu (3/8).

Empat basis terdiri atas kelompok buruh petani dari Jakenan, kelompok guru TPQ asal Pucakwangi, kelompok sopir atau Paguyuban Sopir Pati (PSP), dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Goa Pancur.

Dia menjelaskan, Sarbumusi mewadahi kelompok buruh formal dan informal. Petani, sopir, pekerja pariwisata dan berbagai sektor lain dapat bernaung dalam organisasi buruh yang menjadi badan otonom (banom) Nahdlatul Ulama (NU) itu. Termasuk pekerja di media massa, menurutnya juga dapat menjadi basis Sarbumusi.

Baca Juga :   Baznas Pati Rencanakan Bedah 225 Rumah Tahun Ini

“Kebetulan saat ini kami lebih banyak menaungi kelompok pekerja yang berada di luar perusahaan. Sejalan dengan itu, kami tengah mengupayakan pembentukan basis buruh pada sejuah perusahaan besar di Pati . Sudah ada puluhan buruh yang sedang menyiapkan diri untuk berserikat dan bergabung dengan Sarbumusi,” tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati