oleh

3 Partai di Pati Belum Bisa Ikut Kontestasi Politik 2024, Ini Penyebabnya

Pati, Mitrapost.com – Berkas persyaratan pendaftaran 3 (tiga) partai politik (parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dinyatakan belum lengkap. Ketiga parpol terkait diberikan waktu hingga tanggal 14 Agustus 2022 untuk melengkapi syarat ketentuan.

Adapun ketiga partai yang dimaksud di antaranya Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Negeri Daulat Indonesia (Pandai) , dan Partai Reformasi.

Supriyanto selaku Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati mengatakan  bagi yang tidak melengkapi berkas sesuai waktu yang ditentukan, maka parpol tersebut tidak bisa mengikuti kontestasi politik tahun 2024 nanti.

“Belum memenuhi syarat kemarin ada 3 (tiga) partai yang statusnya masih belum atau dikembalikan. Karena pemenuhan syarat yang diatur UU No. 7 Pasal 173 ayat 2 tentang  Pemenuhan Syarat Minimal. Administrasi belum terpenuhi, ” ujar Supri saat ditemui di kantornya, Jumat (5/8/2022).

Baca Juga :   Kantor Imigrasi Belum Terima Instruksi Pemberangkatan Jemaah Umrah di Masa Pandemi

Supri menjelaskan ada beberapa faktor yang menyebabkan ketiga partai tersebut belum bisa terdaftar dalam aplikasi Sipol (Sistem Informasi Politik).

Partai-partai terkait belum memenuhi jumlah minimal kepengurusan atau belum mempunyai kader di 75 persen kabupaten/kota di sebuah provinsi.

“Ada juga yang belum memenuhi jumlah syarat minimal keanggotaan 1 (satu) orang per 1.000 jumlah penduduk. Mungkin juga di kabupaten belum memenuhi kepengurusan 50 persen dari jumlah jabatan,” imbuhnya.

Hingga kini KPU Kabupaten Pati masih menunggu kelengkapan syarat partai terkait serta siap mengakomodir kebutuhan kader partai jika ingin berkonsultasi dengan KPU Kabupaten Pati melalui layanan helpdesk.

“KPU provinsi dan kabupaten/kota sifatnya menunggu perintah KPU RI. Kita juga siap mengakomodir menggunakan alat bantu Sipol,” katanya.

Baca Juga :   Bupati Pati Belum Izinkan Madrasah Gelar Uji Coba PTM

Hingga tanggal 5 Agustus 2022, KPU Kabupaten Pati mencatat ada 8 (delapan) partai yang dipastikan lolos administrasi dan dinyatakan menjadi calon peserta Pemilu 2024.

Adapun 8 (delapan) partai tersebut, di antaranya Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Nasional Demokrat (NasDem), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), dan Partai Garda Perubahan Indonesia (Garuda). (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral