oleh

Jadi Langganan Terdampak Banjir Rob, Pembangunan Tanggul di Pesisir Utara Pekalongan Dimulai

Pekalongan, Mitrapost.com – Wilayah kecamatan Pekalongan bagian utara seringkali menjadi langganan terdampak banjir rob.

Oleh karenanya, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Dinas Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah memulai pengerjaan pembangunan tanggul pantai yang berada di pesisir utara Pekalongan.

Sejumlah alat berat dan crane sudah mulai diterjunkan untuk mempercepat pembangunan tanggul pantai yang terletak di wilayah kecamatan Pekalongan Utara.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan, Bambang Sugiarto melalui Sekretaris dinasnya, Khaerudin menjelaskan bahwa, di kawasan tersebut juga telah dibangun tanggul pantai yang berfungsi untuk menghalau gelombang air lalut.

Pembangunan tanggul tersebut sudah dilakukan pada tahun 2021 lalu masih dibangun sepanjang 400 meter.

Baca Juga :   Endro Dwi Cahyono: Memperkuat Wawasan Kebangsaan Adalah Tugas Kita Semua

“Kemudian, di tahun 2022 ini, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (Dinas Pusdataru) Provinsi Jawa Tengah kembali melanjutkan pembangunan tanggul pantai yang berlokasikan di sepanjang kawasan Pantai Sari Kota Pekalongan sepanjang 700 meter, yang tingginya disamakan dengan tinggi tanggul pantai yang sudah ada sebelumnya,” ucapnya saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (9/8/2022).

Lanjutnya, Pusdataru Provinsi Jawa Tengah akan kembali menyelesaikan pembangunan tanggul pantai ke arah barat sampai titik Krematorium.

Untuk kelanjutan pembangunan tanggul pantai pesisir utara Kota Pekalongan telah dianggarkan sebesar Rp12.75 Miliar.

Menurutnya, penyelesaian tanggul pantai ini dilakukan sebagai upaya menahan limpasan air laut agar tidak masuk ke wilayah permukiman warga.

Baca Juga :   Seluruh Kelurahan di Kota Pekalongan Diajak Berpartisipasi Hidupkan Kembali Perpusmas

“Pekerjaan fisik tanggul pantai tersebut merupakan program dari Pusdataru Provinsi Jawa Tengah, namun selalu koordinasi dengan kami di DPUPR, terutama dalam persiapan pelaksanaan pekerjaan dan perencanaan kemarin, termasuk saat sosialisasi ke warga disekitar wilayah tersebut agar pelaksanaannya berjalan lancar dan optimal,” pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral