Hubungan China-Taiwan Memanas, Kemenlu Jamin Keselamatan WNI

Mitrapost.com – Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memastikan 300 ribu Warga Negara Indonesia (WNI) di Taiwan dalam kondisi aman. Hal ini terkait kunjungan Nancy Pelosi ke negara tersebut yang memicu kemarahan China.

Kemudian, Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Christina Aryani meminta pemerintah fokus memberikan perlindungan maksimal bagi sekitar 300 WNI yang ada di Taiwan, setelah meningkatnya ketegangan dengan China pasca-kunjungan tersebut.

“Saya ingin memastikan pemerintah fokus memberikan perlindungan maksimal bagi setidaknya 300 ribu WNI yang ada di Taiwan terdiri dari pekerja migran dan lainnya yang belum terdata seperti ABK dan pekerja sektor-sektor yang lain,” ucapnya pada Selasa (9/8/2022).

Dia mengingatkan Kemenlu untuk mematangkan rencana kontingensi untuk mengantisipasi perkembangan atau dinamika di Taiwan. Langkah itu menurutnya sangat penting karena untuk Taiwan ada beberapa faktor yang berbeda dari negara-negara lainnya yaitu perwakilan Indonesia di Taiwan adalah lembaga nondiplomatik dengan jumlah personel terbatas.