Megawati Ungkap Ratu Kalinyamat Berhak Jadi Pahlawan Nasional

Mitrapost.comMegawati Soekarnoputri, Ketua Umum PDI Perjuangan mengungkapkan bahwa Ratu Kalinyamat berhak mendapatkan penghargaan sebagai pahlawan nasional.

Megawati mengatakan Ratu Kalinyamat sangat gigih untuk mengusir penjajah dari kolonial Portugis. Hal tersebut disampaikannya ketika menjadi pembacara di acara kunci Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara yang digelar TNI Angkatan Laut.

“Saya setuju banget nama beliau dijadikan pahlawan. Ini kembali bukan karena saya subjektif sama perempuan. Enggak loh saya kan pernah tahu sebagai presiden untuk menjadikan seorang pahlawan itu tidak gampang,” kata Megawati seperti dalam keterangan tertulis yang diterima, dikutip dari Detik News, pada Kamis (11/8/2022).

Megawati juga menjelaskan bahwa negara penjajah bahkan mengakui Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan, namun negara Indonesia belum mengakui sebagai pahlawan nasional.

Baca Juga :   Ferdinand Angkat Bicara Dipolisikan Ormas Muslim Sebab Cuitannya

Dalam catatan Portugis, Ratu Kalinyamat disebut sebagai rainha de Japara, senhora poderosa e rica, de kranige Dame, yangmana memiliki arti ‘Ratu Jepara seorang wanita yang kaya dan berkuasa, seorang perempuan pemberani’.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati