Kasus Cacar Monyet Ditemukan di Indonesia, Pemkot Pekalongan Gencarkan Tracing

Pekalongan, Mitrapost.com – Kasus cacar monyet telah ditemukan di Indonesia. Sebagai upaya pencegahan, pemerintah Pekalongan lantas menggencarkan tracing.

Sebagai informasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungumkan satu pasien pertama terkonfirmasi kasus cacar monyet atau monkeypox di Indonesia yang ditemukan di DKI Jakarta.

Diketahui pasien yang terkonfirmasi positif cacar monyet tersebut merupakan laki-laku berusia 27 tahun dan telah melakukan perjalanan dari luar negeri.

Kemudian, guna mencegah masuknya kasus penyebaran di wilayah Pekalongan, maka diintensifkan tracing bagi warga yang baru pulang dari luar negeri.

Wali kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid memastikan di Kota Pekalongan belum ada warganya yang suspek ataupun positif monkeypox.

Perlu diketahui, Pasien pertama cacar monyet di Indonesia, mengalami gejala demam, pembesaran kelenjar limfa, ruam di muka, ruam di telapak tangan, dan ruam di kaki. Setelah dilakukan tes PCR yang diambil dari sampel lesi ruam, pasien pun dinyatakan terkonfirmasi positif cacar monyet.