28 Ibu Rumah Tangga di Pati Terjangkit HIV

Pati, Mitrapost.com – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr Aviani Tritanti Venusia didampingi petugas Pengelola Program Human Immunodeficiency Virus (HIV) dan Infeksi Menular Seksual (IMS) Agus Irawan menyebutkan, terdapat 28 Ibu Rumah Tangga (IRT) di Kabupaten Pati yang terjangkit virus HIV-AIDS.

Pihaknya menjelaskan bahwa data tersebut dihimpun mulai dari awal Januari hingga Juli 2022 dari temuan melalui tes VCT yang dilakukan setiap tiga bulan sekali.

“Jadi untuk HIV-AIDS sesuai dengan data yang kami update terakhir itu, khusus untuk IRT itu ada 28 orang positif,” katanya kepada Mitrapost.com, Jumat (26/8/2022).

Lebih lanjut, pihaknya juga menjelaskan bahwa IRT terjangkit setelah adanya penulusuran melalui hasil tes sang suami. Mengingat, para suami-suami tersebut telah melakukan aktivitas seksual tidak hanya pada satu pasangan saja.

Baca Juga :   Cegah Loss Learning, Masyarakat Diminta Tak Buru-Buru Tuntut PTM 100 Persen

“Nah, kok bisa IRT tertular, apakah karena IRT yang nakal? Bukan. Kita running bisa jadi penyebab dari sang suami atau pasangannya karena sering jajan atau lainnya,” ungkapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati