oleh

Kebakaran Lahan Pinggir Tol Sebabkan Kecelakaan, Polda Jateng Keluarkan Imbauan

Mitrapost.com – Sebelumnya diberitakan telah terjadi kecelakaan di Tol Pejagan-Pemalang, ditengarai karena adanya kebakaran lahan di pinggir ruas Tol.

Sebagai upaya antisipasi kejadian serupa kembali terulang, maka Polda Jateng mengeluarkan sejumlah imbauan.

Berdasarkan keterangan dari Kapolda Jateng melalui Kabidhumas Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perbuatan yang berdampak timbulnya api di dekat jalan tol.

“Seperti melakukan pembakaran dengan sengaja maupun buang puntung rokok secara sembarangan. Apalagi saat ini jarang hujan dan siang hari cenderung panas terik,” kata Kabidhumas, Selasa siang (20/9).

Dirinya juga meminta warga pemilik lahan yang berdekatan dengan lokasi tol untuk bersikap bijak dan hati-hati. Seperti halnya tidak melakukan pembakaran sisa padi, dimana hal tersebut berpotensi menyebabkan kecelakaan lalu lintas, lantaran asap yang dihasilkan cukup tebal.

Baca Juga :   Tabrak Pembatas Jalan, Pengendara RX King Tewas

“Jangan membakar sisa padi, rumput, atau sampah yang asapnya berpotensi mengganggu lalu lintas di jalan tol,” tandasnya.

Masih dari keterangannya, banyak pengguna tol yang memacu kendaraannya dengan kecepatan tinggi. Bila terdapat gangguan seperti kebakaran, aksi pelemparan atau orang yang menyeberang tiba-tiba, akan membawa dampak yang berbahaya.

“Untuk antisipasi hal-hal seperti di atas akan kami koordinasikan intensif dengan pihak terkait termasuk jasa marga, agar pengamanan di area tol bisa lebih maksimal,” tambahnya.

Kemudian, bagi masyarakat yang mengetahui adanya insiden, baik itu tindak kriminal ataupun kejadian yang berpotensi menyebabkan bahaya di jalan tol, untuk segera lapor kepada pihak jasa marga atau kepolisian.

Baca Juga :   Laka Lantas, Truk Terguling di Pantura Ngantru

“Bila ada api atau asap tebal dekat jalan tol, saya harap warga, pengendara atau siapa saja yang melihat segera menghubungi pihak berwenang. Bisa pihak jasa marga atau kepolisian, bahkan perangkat desa. Karena bila dibiarkan dampaknya akan berbahaya,” pungkasnya. (*)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral