oleh

PP 85 Tahun 2021 Jadi Penyebab PAD Sektor Perikanan Baru Capai Rp4 Miliar

Pati, Mitrapost.com – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Pati tahun ini dari sektor perikanan hingga hari ini baru mencapai 33,3 persen dari target. Adapun nominal riilnya adalah Rp4 miliar.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Pati, Edy Martanto. Ia mengatakan bahwa target PAD untuk sektor perikanan tahun ini sebanyak Rp12 miliar. Namun, pihaknya sampai hari ini baru mendapatkan Rp4 miliar.

“Target kita Rp4 miliar dan ini baru dapat Rp4 miliar. Kalau tahun kemarin, target kita tercapai,” ujarnya kepada mitrapost.com saat ditemui di kantornya, Selasa (27/9/2022).

Menurutnya, ada faktor eksternal yang menyebabkan pihaknya baru mendapatkan PAD dengan nominal tersebut. Pasalnya, nelayan sudah gelisah dengan adanya Peraturan Pemerintah (PP) No. 85 Tahun 2021 tentang jenis dan tarif atas jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Baca Juga :   DPRD Beri Tanggapan Terkait Penghapusan BST

“PP itu kan berlakunya tahun depan, tapi sekarang ini nelayan sudah ribut. Karena biasanya dipungut 1,71 persen, terus meningkat menjadi 10 persen,” ucap Edy.

PAD tahun 2023, lanjut dia, semakin tidak jelas dari sektor perikanan. Sebab, PP No. 85 Tahun 2021 sudah berlaku mulai tahun depan serta Bahan Bakar Minyak (BBM) juga naik.

“Tinggal ada sedikit kesempatan untuk tahun depan. Mungkin tinggal 20 persennya, ya sekitar Rp2 miliar. Peluang kita hanya dapat Rp2 miliar di tahun depan,” paparnya.

Lebih lanjut, nelayan di Kabupaten Pati selama tiga bulan ini tidak melaut. Padahal, biasanya setelah bulan puasa atau kupatan, para nelayan tersebut berangkat untuk mencari ikan.

Baca Juga :   Edarkan Sabu di Blora, Pemuda Pati Ini Terancam Hukuman 4 Tahun Penjara

“di tempat pelelangan ikan ini sepi sampai sekarang. Jadi, kita kejar di bulan Oktober-Desember untuk memenuhi target PAD tahun 2022. Kemarin para nelayan baru berangkat melaut. Mudah-mudahan mereka sudah ada yang pulang,” terangnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral