oleh

Tinggi Peminat, Jumlah Pendaftar Panwascam di Pati Naik 2 Kali Lipat

Pati, Mitrapost.com – Jumlah pendaftar Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Pati membludak. Dibandingkan Pemilu 2019, pendaftar tahun ini naik 2 kali lipat.

Hal ini diungkapkan oleh Karto, kepala Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi Bawaslu Pati.

Hingga Senin (26/9/2022) malam, jumlah pendaftar Panwascam mencapai 410 orang. Sementara hari ini diperkirakan masih ada 60-70 data pendaftar yang masuk.

Berdasarkan pantauan di loket pendaftaran Panwascam di Kantor Bawaslu Kabupaten Pati, para pemohon dari tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Pati ramai melakukan verifikasi data diri.

“Ini memang animonya luar biasa. Saya juga kaget yang dibutuhkan 3 x 21 (63 pengawas) tapi sampai tadi malam yang sudah mendaftar 410. Ini masih membludak diperkirakan masih 50 ke atas. Bisa 60-70 orang,” katanya saat diwawancara Mitrapost.com, Selasa (27/9/2022).

Baca Juga :   Bila Terjadi Banjir, Dewan Komitmen Kawal Langkah Mitigasi Bencana

Tidak ada faktor pasti penyebab meningkatnya jumlah pendaftar Panwascam 2024. Namun kebutuhan ekonomi dan masifnya informasi dari media sosial dinilai membuat masyarakat makin antusias mendaftar Panwascam.

Selain faktor tersebut, persyaratan untuk mendaftar menjadi Panwascam tahun ini juga makin dipermudah.

“Syaratnya banyak, termasuk untuk menjadi Panwas harus minimal usia 25 tahun tidak ada batas maksimal.Kelebihan sekarang yang  berdomisili di kabupaten boleh daftar. kalau dulu hanya di kecamatan,” imbuh Karto.

Pembukaan pendaftaran Panwascam sedianya diselenggarakan sejak tanggal 21 Oktober hingga tanggal 27 Oktober 2022. Bawaslu rencananya akan menutup pendaftaran pada sore ini Pukul 17.00 WIB.

Selepas pendaftaran administrasi para Calon Panwascam akan diseleksi lagi melalui tes CAT dan wawancara, kemudian di rangking dipilih tiga terbaik di masing-masing kecamatan. (*)

Baca Juga :   Pati Kembali Level 3, Bupati: Bukan Karena Kasus Covid-19

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral