Mengenal Budaya Jawa, Tradisi Mitoni Bagi Ibu Hamil

Mitrapost.comMitoni atau tingkeban adalah salah satu tradisi dalam masyarakat Jawa. Kata mitoni berasal dari kata pitu yang artinya tujuh. Melakukan upacara ini biasanya ketika usia kandungan memasuki 7 bulan kehamilan.

Tradisi Mitoni merupakan sebuah doa meminta kelancaran bagi calon ibu selama mengandung hingga melahirkan janin. Mitoni ini juga disertai doa agar kelak si anak menjadi anak yang baik dan berbakti kepada orang tua.

Biasanya seseorang akan melakukan acara Mitoni pada hari-hari ganjil menurut penanggalan Jawa. Contohnya seperti hari Rabu atau Sabtu sebelum munculnya bulan purnama.

Tradisi ini telah berkembang secara turun temurun, khususnya di Pulau Jawa. Sebagai masyarakat budaya dan sambil menghormati nenek moyang kita, kita perlu melestarikan tradisi ini dengan menerapkannya dalam kehidupan kita.

Baca Juga :   Penjamasan Bende Becak, Tradisi Turun-Temurun Warga Desa Bonang

Di Indonesia banyak sekali mitos, dan upacara untuk kehamilan juga memiliki banyak tradisi dari setiap budaya masing-masing daerah. Tradisi ini telah berlangsung selama bertahun – tahun lamanya, tergantung pada adat dan budaya daerah tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati