Kasus TBC Tinggi Jadi Pekerjaan Rumah Pemkab Pati

Pati, Mitrapost.com – Angka pengidap Tuberkulosis (TBC) pada anak di Kabupaten Pati masih terbilang tinggi. Berdasarkan data yang dimiliki Mentari Sehat Indonesia (MSI), pada tahun 2022 mulai bulan Januari sampai Agustus ditemukan 95 kasus TBC pada anak.

Dengan banyaknya kasus tersebut, perlu ada perhatian serius untuk menangani kasus TBC. Ini menjadi pekerjaan rumah bersama. Khususnya bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati.

“Ada puluhan lebih data TBC anak yang dikumpulkan oleh kader kami di lapangan. Data ini didapat dari hasil investigasi kontak di rumah-rumah yang menjadi sasaran,” jelas kordinator penanggulangan TB Kabupaten Pati dari Mentari Sehat Indonesia (MSI), Moh Yasir Al Imron.

Baca Juga :   Wakil Ketua Komisi D DPRD Dorong Sinergitas Penanganan TBC di Pati

Total pada tahun 2022 ini sudah ditemukan ada 95 kasus TBC pada anak. Terhitung mulai bulan Januari sampai Juni ada 70 kasus TBC anak. Kemudian pada bulan Juli sampai Agustus ditemukan sebanyak 25 kasus TBC pada anak.

“Melalui para kader di lapangan kami mendorong pendampingan pengobatan hingga tuntas dan sembuh, pengobatan harus dikontrol agar tuntas sampai sembuh agar tidak menjadi kasus TBC resisten obat (RO),” jelasnya.