Bupati Rembang Ungkap Hal yang Perlu Disiapkan dalam Kesiapsiagaan Bencana

Rembang, Mitrapost.com – Dalam rangka memberikan perlindungan masyarakat dari ancaman akibat bencana. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang telah melaksanakan apel kesiapsiagaan di Pantai Wates, (3/11/2022).

Bupati Rembang Abdul Hafidz menyampaikan untuk memberikan perlindungan masyarakat dari ancaman dan resiko akibat bencana.

Oleh karena itu, diperlukan agar dapat membangun kesiapan bencana secara terencana, terpadu, berkoordinasi, dan menyeluruh.

“Dapat membangun kesiapan bencana secara terencana, terpadu, berkoordinasi, dan menyeluruh. Dalam rangka memberikan perlindungan masyarakat dari ancaman, resiko akibat bencana,” kata Hafidz saat sambutannya Kamis, (3/11/2022).

Bupati meminta kepada semua komponen untukĀ  meningkatkan kesediaan dan kewaspadaan segala komponen untuk menghadapi ancaman bencana.

Selanjutnya dapat meningkatkan koordinasi semua komponen yang terlibat dalam penanganan bencana dari pra hingga paska bencana.

Baca Juga :   Bupati dan Wabup Rembang Tiadakan Agenda Tarawih Sambang Desa

Penanganan bencana dari sebelum dan setelah bencana yang menelaah sebagai berikut:

  1. Penyiapan posko bencana dan melakukan pemantauan wilayah yang rawan bencana.
  2. Penyiapan logistik dan kebutuhan dasar bagi korban. Apabila dibutuhkan sewaktu waktu.
  3. Memberikan informasi kebencanaan secara benar.
  4. Kesiapan kebencanaan.
  5. Persediaan bahan makanan, obat- obatan dan pendukung lainnya.

Bupati Rembang menambahkan salah satu kesiapsiagaan penanggulangan bencana bukan hanya peran pemerintah, namun perlu adanya pendukung termasuk relawan.