Kepercayaan Membawa Peniti dan Gunting Bagi Ibu Hamil

Mitrapost.com – Kepercayaan tentang membawa sebuah peniti atau gunting ketika seseorang sedang hamil memang sudah menjadi tradisi. Biasanya masyarakat Jawa sering melakukan ini.

Mereka percaya bahwa peniti dan gunting dapat menjaga calon ibu dan calon bayi dari gangguan setan. Menurut masyarakat Jawa, setan takut kepada benda-benda tajam seperti peniti dan gunting.

Orang tua zaman dulu pasti akan menyarankan agar ibu hamil selalu membawa benda-benda tajam tersebut. Benda tajam tersebut biasanya disimpan pada pakaian si bayi atau pada baju ibu hamil. Benda tajam yang dibawa pun memiliki ukuran yang kecil agar dapat dengan mudah dibawa kemana-mana. Namun, apakah benar jika setan takut dengan benda tajam?

Baca Juga :   Video : Ibu Hamil dan Anak Boleh Divaksin, Bupati Pati Tunggu Pedoman

Kepercayaan tentang membawa benda-benda tajam tersebut hingga kini masih menjadi tradisi yang turun-temurun. Bahkan hal ini juga ada di perkotaan dan sudah sangat lazim.

Namun, Islam memandang hal ini sebagai hal yang musyrik. Bagaimana tidak, tradisi ini mempercayai dan menggantungkan segala sesuatu pada sebuah benda. Tentu saja hal ini tidak sesuai dengan syariat Islam. Namun, bagi kamu yang ingin melestarikan tradisi dari para pendahulu maka harus sesuai dengan ajaran Al-Qur’an dan Hadits. Singkatnya, apabila hal tersebut baik dan benar menurut syariat Islam, maka lakukanlah. Namun, jika tidak baik maka harus meninggalkan hal tersebut, apalagi jika mengandung unsur kemusyrikan.