oleh

Bulog Siap Impor Beras, Begini Tanggapan DPRD Pati

Pati, Mitrapost.com – Bulog bersiap melakukan impor beras untuk memenuhi cadangan beras dalam negeri. Rencananya beras yang akan diimpor dari luar negeri mencapai 500 ton.

Untuk diketahui, Cadangan beras nasional digunakan untuk mengcover kebutuhan kejadian luar biasa, seperti bantuan sosial dan penanganan bencana.

Dilansir dari tempo, Bulog ditugaskan untuk mengimpor beras oleh negara, guna mengamankan stok yang saat ini diklaim tinggal 594 ribu ton. Pihak Bulog, dalam rapat koordinasi terbatas (rakortas) diminta mengamankan stok untuk program operasi pasar yang bertujuan menstabilkan harga beras.

Bulog diminta menyerap stok beras dalam negeri sebesar 500 ribu ton dari Kementerian Pertanian dan 500 ribu ton dari pengadaan luar negeri atau impor.

Baca Juga :   Penyandang Disabilitas Peroleh Kesempatan Jadi THL di OPD Kabupaten Pati

Wacana Impor beras tersebut mendapatkan tanggapan dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati dari Komisi B, Dimas Thole Danu Tirto.

Dalam sebuah wawancara dengan Mitrapost.com, kenyataan di lapangan cukup berbeda dengan klaim kekurangan ratusan ribu ton stok beras dalam negeri yang disebutkan diatas.

Menurutnya, stok beras di Bulog saat ini masih cukup banyak. Para petani di Pati bahkan menjual beras dengan harga murah saat panen kemarin lantaran stok beras di daerah yang berlebih.

“Pemerintah mewacanakan bakal mengimpor satu juta beras karena ketersediaan beras di gudang Bulog menipis. Sedangkan, pada kenyataannya beras kita masih banyak,” ujar Anggota Dewan dan kader PDIP itu.

Baca Juga :   Pertalite Akan Dinaikkan, Penghasilan Ojol Dikhawatirkan Makin Tipis

Menurutnya, pemerintah perlu mengawasi dan mengevaluasi kinerja Bulog dalam mengelola penyimpanan beras. Bulog perlu mengoptimalkan pendistribusian beras lokal untuk masyarakat. (adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral